Minggu, 12 Maret 2017

Perawatan Tubuh Dengan Minyak Kelapa

Beberapa hari yang lalu baca artikel dari Pinterest mengenai kegunaan minyak kelapa untuk perawatan tubuh. Ternyata ada lumayan banyak, dan jadi pengin coba. Ibaratnya perawatan dari ujung kepala hingga ujung kaki bisa, Untuk hasil terbaik dianjurkan minyak kelapa yang organik, dan di jual di temperatur ruangan. Kayanya kalau di Indonesia minyak kelapa gampang dicari. Aku beli minyak kelapa di Indomaret, 1 liter = Rp 31,700. Lets get started.

Karakteristik minyak kelapa adalah, saat ia berada di suhu kurang dari 26 derajat C, akan membeku, dan saat berada di suhu ruang (29 derajat C) akan mencair.
1. Perawatan Rambut
Minyak kelapa bisa untuk merawat rambut yang kering, rusak, berketombe, dan keriting susah diatur. Asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa bisa melembutkan rambut.
Tekstur minyak kelapa di suhu ruangan, warnanya lebih jernih dari minyak kelapa sawit, dan tidak berbau

Cara pemakaianya : Ambil sedikit demi sedikit di tangan, lalu oleskan ke rambut dari akar hingga ujungnya. sampai rata. Ciri - ciri sudah rata yaitu rambut sudah terlihat basah dari akar sampai ujung. Lalu sisir, dan tutup dengan handuk. Diamkan hingga  15- 20 menit, atau bisa juga dibiarkan hingga 1 malam, jika rambut nya rusak agak parah. Lalu bilas dengan air, dan sampo. Pastikan bilas dengan bersih, 

Aku sudah mencobanya, dan efek yang dirasa, rambut jadi lebih lembut dan berkilau.

2. Krim malam untuk wajah
Minyak kelapa bisa dicampur dengan moisturizer, kandungan asam lemaknya membantu memperkuat ketahanan alami kulit. Proses ini membantu mengunci kelembaban, sedangkan antioksidan baik untuk memperhalus dan menyamarkan kerutan.

3. Lip Balm
Dalam keadaan beku, minyak kelapa bisa diaplikasikan ke bibir yang pecah - pecah. 

4. Krim Cukur
Krim cukur yang beredar di pasaran kebanyakan mahal, dan mengandung bahan kimia. Minyak kelapa bisa dijadikan alternatif, murah, anti mikroba, dan tidak berbau. Kulit akan tetap lembab.

5. Masker Wajah
Cara membuatnya, dengan mencampur 1 sendok makan madu, dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan langsung ke muka dan leher yang kering dan bersih, Diamkan selama 15 - 20 menit, lalu bersihkan dengan handuk hangat.
Tipsnya, oleskan dengan agak sedikit ditekan, agar madu dan minyaknya bersatu. Dengan takaran ini masker yang dihasilkan lumayan banyak, jika masih tersisa oleskan lagi ke wajah, tapi tunggu beberapa saat. lakukan terus hingga masker habis.


Masker wajah minyak kelapa + madu
6. Body scrub
Cara membuatnya, panaskan 1/2 cangkir minyak kelapa dengan api kecil. Lalu matikan api, masukan 1 cangkir gula pasir, bisa digantikan dengan kopi untuk menstimulasi otot dan mengeluarkan racun.

Body scrub
7. Perawatan rongga mulut
Minyak kelapa yang anti jamur dan anti bakteri, jika di kumur akan membantu membersihkan kuman di mulutplak, menyegarkan nafas, memutihkan gigi, menyehatkan gusi, dan bahkan bisa mencegah kerusakan gigi.

8. Membersihkan make up
Aplikasikan dengan kapas/ cotton bud untuk membersihkan make up di wajah.

9. Anti-aging body lotion
Cara membuatnya, dengan mencampur 1/2 cangkir minyak kelapa, dan 1 cangkir shea butter, bisa juga ditambahkan ekstrak vanilla.

Gimana, banyak ya kegunaanya, tertarik untuk mencoba? Setelah mencoba beberapa ada pro dan kontra perawatan tubuh dengan minyak kelapa.
Pros : Murah, mudah didapat/ dibuat, alami
Cons : Butuh waktu dan usaha

Semoga artikel ini bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar