Rabu, 26 Oktober 2016

Sleep Paralysis/ Tindihan

Selalu ada moment di setiap tahun, dimana sedang sibuk - sibuknya dengan urusan duniawi, tapi pengin posting di blog. Yes, seperti saat ini. Kali ini kita akan bahas soal Tindihan, atau bahasa lainnya Sleep Paralysis. Berangkat dari pengalaman pribadi, yang udah berkali - kali mengalaminya. Sampai puncaknya Sabtu pagi kemarin, pengalaman tindihan terburuk sepanjang sejarah tindihan
:(

http://www.healthkartrx.com/blog/wp-content/uploads/2016/04/sleep.jpg

"Tindihan/ Sleep Paralysis/ Kelumpuhan tidur adalah fenomena di mana seorang individu, baik selama tidur atau bangun, mengalami ketidakmampuan untuk bergerak, berbicara, atau bereaksi. Ini adalah keadaan transisi antara terjaga dan tidur, ditandai oleh ketidakmampuan untuk menggerakkan otot."
-dikutip dari wikipedia

Tindihan ini adalah salah satu hal yang mengerikan jika dialami seseorang, karena kita merasa terjaga/ sadar, tapi tidak bisa bergerak secara fisik. Kenyataan yang harus kita pahami adalah, Tindihan merupakan peristiwa biologis dan tidak perlu di khawatirkan. Anda bukan dalam proses menuju kematian. Bisa digambarkan otak kita sedang "cegukan" senyawa kimia saat kita sedang mengalami transisi dari tidur ke bangun.

Ada 9 cara yang bisa dilakukan untuk membangunkan diri dari Tindihan, seperti dikutip dari :
dreamstudies.org/2010/04/29/9-ways-to-wake-up-from-sleep-paralysis/

1. Jangan melawan
Jika tubuh anda terasa berat, dan tidak bisa bergerak, jangan melawan balik. Ini justru akan memperparah keadaan. Tidak hanya melawan balik meningkatkan rasa berat tubuh, tapi melawan juga akan meningkatkan ketakutan, yang memacu emosi otak, dan memicu mimpi buruk. Mengontrol ketakutan adalah keahlian yang paling penting saat momen ini terjadi.

Notes : inilah yang gw alamin kemarin, karena gw sadar sedang mengalami tindihan, dengan serta merta gw lawan, dan berusaha sekuat tenaga buat bangun, bukannya bangun, malah mimpi buruk

http://www.express.co.uk/news/weird/417557/Slept-badly-Blame-it-on-the-full-moon
 
2. Pasrah dan ikuti saja alurnya
Cobalah untuk relaks, saat anda menyadari anda sedang tindihan. Katakan pada diri anda bahwa semuanya akan baik - baik saja. Jika anda merasa tekanan di dada anda, cobalah untuk mengikuti tekanan itu, bukan malah melawannya. Itu seperti memenangkan pertarungan tanpa melawan.
 
3. Gerakkan jempol kaki
Ini cara yang cukup populer, dan bisa berhasil untuk beberapa orang, gerakkan anggota jari kaki termasuk jempol. Sebagian besar kelumpuhan terasa di perut, dada dan tenggorokan. Jadi fokuskan perhatian pada jempol, dan cobalah gerakan perlahan. Di beberapa kasus, ini juga akan menghentikan kelumpuhan.
 
Notes : gw juga pernah coba waktu tindihan dalam posisi tidur dikursi. Rasanya susah banget, udah berasa gerakkin jempol, tapi tetep ga bisa. Mungkin metode ini, emang gak buat semua orang
 
4. Gerakkan pergelangan tangan
Ini hampir sama dengan proses gerakkan jempol kaki.
 
5. Fokus pada tarikan nafas anda
Cara mudah untuk menghentikan mimpi buruk adalah dengan melakukan pernafasan yang terkontrol. Pernafasan yang terkontrol, akan mengurangi sakit di dada yang kadang erat kaitannya dengan tindihan. Bernafas adalah gerakan otomatis seperti detak jantung, atau otot pencernaan, jadi tidak termasuk kelumpuhan otot seperti di lengan, dada dan kaki. 
 
6. Pikirkanlah hal - hal yang anda cintai untuk membangkitkan keberanian
Untuk orang - orang beragama, ini bisa diaplikasikan dengan mengingat Tuhan dan mengucapkan doa - doa agar tersadar. Atau bisa juga mengingat orang - orang yang anda cintai, untuk memotivasi anda terbangun.
 
7. Meminta bantuan dari teman tidur
Untuk yang punya temen tidur, anda bisa beritahukan tentang gejala - gejala tindihan, dan apa yang harus mereka lakukan saat anda mengalaminya. Misal jika rekan tidur anda melihat anda kesulitan bernafas dan tidak teratur, ia harus membangunkan anda dengan menggerak - gerakkan tubuh anda sampai terbangun.
 
Notes : ini gak berlaku buat gw, yang tidur sendiri. Yang ada kemarin gw sempet kepikiran gw udah mati, dan horor karena gak bakal ada orang yang tahu. Terus kepikiran gitu, gimana cara gw kasih tau orang - orang kalo gw udah mati :(   ih amit - amit 
 
8. Batuklah untuk menyadarkan diri
Batuk sama seperti bernafas yang otomatis dan tidak lumpuh selama tindihan. Jadi anda bisa sengaja batuk untuk membangunkan diri.
 
9. Mapping pikiran
Sama seperti memetakan di pikiran anda saat terjadi kebakaran, petakan juga langkah - langkah yang harus anda lakukan saat mengalami tindihan. Ini akan membuat anda punya persiapan saat mengalaminya.
 
10. Bonus, metode andalan
Saat anda menyadari anda sedang tindihan, gerakkan muka anda, seperti sedang mencium aroma yang tidak enak, atau gerakkan muka yang lain, lakukan ini sebanyak 2 atau 3 kali, dan kelumpuhan akan berhenti segera. Sama seperti menggerakkan jempol dan tangan.
 
http://www.hearty-lifestyle-healthy-tips.com/SleepParalysis.html
 
 
"Setelah anda terjaga, bangunlah dari tempat tidur sesegera mungkin, dan nyalakan lampu. Cuci muka anda dengan air dingin atau melakukan aktifitas fisik lainnya. Jika anda tetap tiduran, kesempatan terserang tindihan lagi akan sangat tinggi."
- dikutip dari orang yang tindihan berkali - kali dalam satu pagi, karena males bangun, yaitu gw -_-"
 
Semoga artikel ini bermanfaat, menambah pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan kita terhadap tindihan.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar