Rabu, 04 November 2015

My Very Own Onion Pet [inspired by She Was Pretty]


Terinsipirasi dari drama 'She Was Pretty' gw mencoba memelihara sebuah bawang, tepatnya dimulai dari Minggu kemarin tanggal 1 November 2015.
So, this is it the journey of Oni-chan. Enjoy:



Day 1 (2 November 2015)
The smiley face of Oni-Chan, made my Monday!








Day 8 (9 November 2015)
 
Day 14 (15 November 2015)
This is the last day, bagian bawahnya busuk, mungkin karena 2 hari gw gak pulang.
Akar nya juga gak berkembang. Goodbye oni-chan :')
Tanggal 16 ini gw akan beli bawang yang baru. Semoga berhasil di percobaan kedua :)


Setelah kegagalan di oni-chan generasi pertama, gw hadir lagi dengan oni-chan generasi ke-2. And this is it proudly present. 2nd generation of my oni-chan.

Day 9 (25 November 2015)
 
It has been forever since my latest update. Sorry, terlalu sibuk, jadi ga sempet pemotretan. Bahkan foto inipun diambil seadanya dari dalam kamar. Tapi percayalah, onichan baik2 saja :D


Day 24 (10 December 2015)
As you notice, new home for onichan. Beli di Kedaung Jalan Menteng Raya, 5ribuan saja
 

Oh god, I'm so wronged last update bilang oni-chan baik - baik aja. He was not, and he's already gone. And you know what, gw udah pelihara lagi oni-chan generasi ke3. Tepatnya tanggal 8 Januari kemarin temen gw beliin 1 buah bawang bombay terbaik. Tanggal 18 Januari kemarin terjadi insiden yang sangat menyesakkan, dimana bawang gw terjatuh dari ketinggian 2 meter tepat menyentuh akarnya. Sehari setelahnya dia mengeluarkan bau agak menyengat, dan membuat gw panik. Berikut keadaan terkini nya:
Day 12

Day 17. Its growing. OMG, I'm so proud!
Day 21. I never been so proud
Day 25

Well dengan kerendahan hati gw akan share bagaimana menumbuhkan bawang bombay. Seperti terlihat diatas, saat gw coba menanam bawang gak serta merta tumbuh. Yeah, kadang hidup emang gak semulus yang dibayangkan, eaa hashtag curhat.
1. Pilih bawang yang segar, bawang pertama gw sepertinya udah layu, sedangkan bawang kedua gw terlalu muda.
2. Media yang untuk merendam bawang jangan terlalu luas, tips ini belum teruji secara klinis, tapi sepertinya memang harus dengan gelas yang kecil, agar akar yang tumbuh banyak. Dia tidak fokus tumbuh semakin panjang, tapi fokus menumbuhkan akar - akar kecil yang lain. Lihat bawang kedua gw yang ditanam di gelas yang panjang. Akarnya tumbuh memanjang, dan cuma sedikit.
3. Rajin mengganti air, dan sesekali si bawang diguyur dari atas. Biar fressshhhh. Bawang pertama gw mati karena beberapa hari gak diganti airnya. Kadang suka ada infeksi bawang, nah kalo airnya gak diganti, ya media nya jadi kotor dan tercemar. Bagian infeksi nya akan tambah luas.
4. Temen gw ada yang berpesan, kalo kita lagi haid (bagi perempuan) jangan keseringan pegang bawang. Ini juga belum teruji, tapi menurut gw alasan kenapa wanita yang sedang haid gaboleh pegang tanaman yang mau tumbuh, mungkin karena saat itu emosi labil yah, bisa rusak tanaman. Heehhe. maybe. Yah, intinya jangan keseringan dipegang, nanti bonyok bawangnya. Bawang kedua gw, sering banget gw pegang2, foto2, mungkin dia lelah. 



Well, tips nya seperti itu saja. Dan dari menanam bawang ini, gw belajar, kalo hal dalam hidup, kadang berjalan tidak sesuai dengan kehendak kita. Kita maunya apa, yang kejadian apa. Saat mencoba sesuatu, gagal itu biasa terjadi, yang luar biasa, saat tekad kita tidak tergoyahkan oleh kegagalan itu, tetep semangat dan berjuang sebisa kita.

Me and Onion against the world. JK against curtain I mean.

5 komentar:

  1. Apalah kulit bawang yg berwarna coklat dikupas terlebih dahulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau beli nya masih ada kulit yang coklat, kupas aja, tapi jangan sampai melukai bagian bawahnya.
      kalau bisa sih pas beli pilih yang gak ada kulit coklatnya.. :)

      Hapus
  2. Apakah tnmn bwg bombay nya perlu mendapat sinar matahari langsung? Thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kena matahari langsung, yang penting cukup.
      Kalo terlalu kepanasan takutnya kering ujungnya.
      Tapi kalau terlalu gelap/ di dalam ruangan nanti gak daunnya tumbuh gak hijau.
      Bagusnya sih di ruangan terbuka yang cukup sinar matahari, contoh di balkon beratap.
      Semoga jelas ya :)

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus